Kejari Jakarta Pusat Musnahkan Narkotika Senilai Rp 4,5 Miliar

Jakarta, Kompas Rakyat,

Pemusnahan barang bukti narkotika senilai Rp 4,5 Miliar yang merupakan perkara tindak pidana umum Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, antara Juni 2017 sampai Januari 2018, berjalan sukses, Kamis (31/5).

Menurut Kepala Kejaksaan.Negeri Jakarta Pusat, Kuntadi SH. pemusnahan barang bukti narkotika tersebut adalah  kegiatan rutin.

Meskipun kegiatan tersebut ni rutin tapi menyangkut ribuan perkara. Itu menunjukkan bahwa Kejaksaan dan masyarakat belum berhasil memerangi kejahatan narkotika.

“Kita belum sukses memerangi kejahatan narkotika dilihat dari banyaknya jumlah perkara ini,” kata Kuntadi, dalam sambutannya.

Selanjutnya Kuntadi mengajak jajarannya dan masyarakat supaya meningkatkan kegiatan memerangi kejahatan narkotika.

Berbagai jenis narkotika
(barang haram) tersebut dimusnahkan dengan cara  mengaduk narkotika jenis shabu shabu ke dalam blender oleh Kuntadi dengan Kasipidum Kejari Jakarta Pusat, Diana Wahyu Widiyanti SH, MH dan kemudian dimasukkan ke ember untuk selanjutnya dibuang ke dalam got.

Sedang barang bukti lainnya, pemusnahannya dilakukan dengan pembakaran.

Menurut Diana, barang bukti narkotika yang dimusnahkan ini terdiri dari
796 kasus/perkara.

“Nilainya sekitar Rp 4 Miliar. Dan kasusnya rata rata pengguna atau pemakai yg kecil kecil. Tidak ada yang istimewa,” imbuhnya.

Lengkapnya barang bukti yang dimusnahkan: Heroin 1,8 gr lebih. Ganja 4,3 Kg lebih,shabu shabu 2,5 Kg lebih, pil ekstasi 732 butir, pil Happy Fife 63 butir. Bong pangkal ng satu dus dan timbangan elektrik berbagai merk satu dus.

Pemusnahannya disaksikan perwakilan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, BNN, Polri, Kementerian Kesehatan, Wartawan dan lainnya.

*Dolat Munthe

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *