DALTON ICHIRO TANONAKA TERTANGKAP KEDUA KALINYA MAU KABUR KE LUAR NEGERI

Jakarta, Kompas Rakyat,

Untuk kedua kalinya, terpidana 2 tahun 6 bulan penjara, Dalton Ichiro Tanonaka tertangkap petugas Imigrasi Bandara Soekarno Hatta ketika mencoba melarikan diri ke luar negeri untuk menghindari tanggung jawab hukum.

Dalton Ichiro Tanonaka adalah warga negara Amerika Serikat, keturunan Jepang, yang lahir di Hawai dan tinggal di Indonesia, menjalankan bisnis pertelevisian.

Hebatnya lagi Imigrasi berhasil mengungkap bahwa Dalton mempunyai empat paspor USA.  Sebab ketika ia tertangkap di Bandara Soekarno Hatta, April silam paspor USA ke-3 telah disita petugas Imigrasi di Bandara Soekarno Hatta, Banten 4 April 2018.

“Jadi, paspor USA, Dalton terungkap ada empat. Dan terkait keinginannya melarikan diri ke luar negeri untuk kedua kali itu maka Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta telah menetapkan perintah eksekusi hukuman 2,5 tahun, sebagaimana putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, 14 Maret 2018 terhadap Dalton karena terbukti menipu pengusaha Harjani 500.000 dolar AS,” kata pengacara Hartono Tanuwidjaja SH, MSi, MH, yang mendapat kuasa dari Harjani melaporkan Dalton ke Polda Metro Jaya, pada tahun 2016.

Menurut Hartono, terpidana Dalton yang dikenal.penyiar siaran English News Service pada Metro TV ini, telah dieksekusi ke rumah tahanan Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (9/5), oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Sigit Harianto SH, MH dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Terpidana Dalton berstatus cekal Imigrasi atas permintaan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Dari penjelasan Hartono sebelumnya penangkapan Dalton pertama ketika hendak melarikan diri ke Tokyo  bukan karena vonis perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, tetapi karena pencekalan Imigrasi, terkait kepemilikan paspor ganda USA.

“Yang kami tahu Dalton memiliki paspor ganda dan berstatus dicekal,” katanya menjawab konfirmasi, beberapa waktu lalu.

Namun tidak mustahil, Dakton  berusaha melarikan diri diduga  untuk menghindari hukuman pidana di Indonesia terkait penipuan yang dilakukannya.

Terpidana Dalton diadili di Pengadilan negeri Jakarta Pusat karena melakukan penipuan terhadap pengusaha HPR, hingga  pengusaha nasional ini menderita kerugian sekitar Rp 6,6 miliar (500.000 dolar AS) . Dalam kasus ini yang bersangkutan menyatakan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang sampai sekarang masih dalam proses.

“Saya sangat mengapresiasi atas kejelian petugas Imigrasi tersebut yang telah bekerja secara profesional hingga usaha Dalton kabur untuk yang kedua kali keluar negeri dapat digagalkan”, tambah advokat senior Hartono.

°Dolat Munthe

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *