MINTA PERTOLONGAN TUHAN, PENGGUGAT HOKY YAKIN GUGATANNYA DIKABULKAN MAJELIS HAKIM

Jakarta, Kompas Rakyat,

Sengketa hak cipta logo Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), agendanya diputus, Rabu (14/3). Namun, sampai berita ini diturunkan, belum ada bocoran apakah gugatan Penggugat dikabulkan atau ditolak oleh majelis hakim yang mengadilinya.

Namun Penggugat yang juga adalah Ketua Umum Apkomindo, Ir. Soegiarto Santoso yang akrab dipanggil Hoky, memohon kepada rekan rekannya sesama pengusaha komputer yang tergabung dalam Apkomindo, simpatisan dan serjumlah wartawan, agar turut mendoakannya supaya gugatannya dikabulkan majelis hakim.

“Seperti sidang sidang sebelumnya saya memohon dukungan dan doa doa kita agar campur Tangan Tuhan sehingga seluruh majelis hakim memutuskan secara adil sesuai fakta persidangan, meskipun pihak lawan menggunakan pengacara yang sangat terkenal,” tutur Hoky, dalam pesan WA di Jakarta, Senin kemarin (12/3).

Perkara pembatalan logo Apkomindo tersebut diadili dan disidangkan majelis hakim Pengadilan Niaga, pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang diketuai Marulak Purba, SH,MH, dengan hakim anggota, Kisworo SH, MH dan DR Endah Detty Pertiwi, SH, MH.

Ir Sugiharto Santoso atau Hoky dengan Muzakkir mewakili Dewan Pengurus Pusat (DPP) Apkomindo menggugat pendaftaran logo organisasi Apkomindo yang didaftarkan secara diam diam atas nama pribadi Sonny Franslay (Tergugat I). Sedang Menkum HAM  RI Cq   Dirjen HAKI  Cq Direktur Hak Cipta dan Design Industri sebagai Tergugat II.

Sebab dalam faktanya, hak cipta logo Apkomindo dimiliki Tergugat I untuk melakukan kriminalisasi terhadap Ketua Umum Apkomindo yang sah (Hoky) maupun siapa saja yang pernah menggunakan logo Apkomindo. Bahkan ada tuntutan Rp 24 Miliar bagi pengurus Apkomindo di seluruh Indonesia sejak tahun 2008 bila menggunakan logo tersebut tanpa seizin Tergugat I.

Terlepas apa nantinya putusan majelis hakim Pengadilan Niaga yang beralamat di Jl Bungur Raya No.24, 26 dan 28 Kemayoran, Jakarta Pusat, Penggugat Hoky meminta kehadiran rekan rekannya sesama pengusaha komputer dan para simpatisan yang bersimpati padanya hadir di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat itu.

Hoky mengungkapkan pula bahwa sampai saat ini pihaknya telah menghadapi 5 laporan polisi yaitu: 1. Laporan Polisi (LP) No.503/K/III/2015/RESTRO Jakpus 13 April 2015. 2. LP No: TBL/128/II/2016/Bateskrim Polri 10 Fe ria di 2016
3. LP No: TBL/128/II/2016/Bareskrim Polri 10 Februari 2016. 4. LP No: LP/392/IV/2016/Bareskrim Polri 14 April 2016. 5. LP No: 109/V/2017/SPKT Polres Bantul 24 Mei 2017.

Penggugat Hoky juga mengungkapkan bahwa telah ada 7 perkara di pengadilan yang telah dimenangkan oleh Apkomindo yang sah: 1. Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur Perkara No.479/PDT.G/2013/PN.JKT.TIM. 2. Pengadilan Tinggi (PT), Perkara No.340/PDT/2017/PT.DKI. 3. Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) No: 195/G/2015/PTUN.JKT. 4. PT TUN Perkara No: 139/B/2016/PT.TUN.DKI. 5. Mahkamah Agung (MA) No: 483 K/TUN/2016. 6. PN Bantul Perkara No: 288/Pid.Sus/2016/PN Blt. 7. PN Bantul Perkara No: 03/Pid.Sus/2017/PN Blt.

Saat ini, menurut Hoky, sedang menunggu proses kasasi di MA dan hasil putusan PN Bantul Perkara No: 03/Pid. Sus/2017/PN Blt yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum dengan tuntutan 6 tahun penjara dan denda  Rp 4 Miliar subsidair 6 bulan penjara atas pelanggaran pengumuman logo organisasi Apkomindo yang dilakukan oleh Ketua DPD Apkomindo DIY, Dicky Purnawibawa. Bukan Hoky, terdakwanya.

“Faktanya memang bukan saya pelakunya sehingga saya memperoleh vonis bebas murni. Namun sebelumnya saya sempat ditahan secara sewenang wenang di Rutan Bantul selama 43 hari karena ada yang menyiapkan dana dan hal tersebut terungkap dalam persidangan di PN Bantul. Bahkan ada bertuliskan nama yang menyandang dana di  dalam salinan putusan sidang PN Bantul-nya serta ada rekaman  suaranya pada video you tube. Oleh karena itu meskipun tuntutannya tidak main main yaitu hingga 6 tahun dan denda Rp 4 Miliar subsidair 6 bulan, namun pada saatnya nanti dengan pertolongan Tuhan, maka saya tetap yakin dan percaya akan memperoleh kemenangan lagi, amin,” tutur Hoky mantap.

*Dolat Munthe

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *