KEPALA SEKOLAH HJ TINY KARTINI YANG MENDIRIKAN SEKOLAH PSG DI SUKABUMI

SUKABUMI Kompas Rakyat

Pendidikan Sisitem Ganda (PSG) merupakan siistem pembelajaran bagi siswa untuk lebih mengenal dunia perkejaan, yang sesuai dengan penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional, yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja.”Denagn PSG siswa tersebut akan mengenal dunia usaha, baik diperusahaan ataupun intansi pemerintahan,”ujar Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Kota Sukabmi Hj Tinny Kartinny yang didampingi oleh bidang kesiswaaan Diyanto, diruang kerjanya Sabtu, (17/02).
Saat ini lanjut Tinny ada 250 siswa kelas XI yang sedang melaksanakan PSG di berbagai instnasi dan perusahaan.”Kalau tahun lalu ada sekitar 296 siswa. Memang turun yang tahun ini, tapai jumlah kelas masih sama yaitu 9 kelas,”ujarnya

Tinny mengatakan, dengan PSG siswa bisa mengetahui dunia kerja itu seperti apa, terlebih kalau siswa itu bisa memeberikan pekerjaan yang bagus bagi perusahaan tempat mereka SPG, tidak menutup kemungkinan begitu lulus akan langsung diambil oleh perusahaannya.”Tahun kemaren saja ada satu siswa yang begitu lulus langsung menghonor di polres sukabumi Kota dan satu lagi di kantor pajak,”ujarnya.

Tinny meyakini, jika siswanya yang melakukan PSG dengan baik dan benar, begitu lulus tdaik akan sulit dalam mencari kerja, hal itu terbukti dengan siswa-siswa yang sudah direkrut di berbagi perusahaan dan intnasi pemerintah.”Buktinya tahun kemarin tidka sedikit lulusan SMK PGRI langsung terserap di dunia usaha tempat mereka melakukan PSG. Jadi saya juga yakin, jika siswa yang melakukan PSG dengan baik, terampil dan mengerti apa yang dikerjakanya akan terbuka luas dunia perkejaanya,”ujarnya.

Di SMK PGRI 1 sendiri lanjut Tinny, siswa mencari sendiri tempat PSG, tanpa ditempatkan oleh sekolah, hal itu kata Tinny, bertujuan untuk ,memberikan rasa tanggungjawab kepada pekerjaanya.”selain itu juga sekolah sarankan agar PSG nya tidak jauh dnegan tempat tinggal, sebab anak berangkat dari rumah bukan ke sekolah melainkan tempat PSG, sehingga orang tua mudah mengawasinya,”terangnya.

Sekolah yang beralamatkan di Jalan Pelabuhan II Komplek Cipoho Indah Kot Sukabmi tersebut, dalam pembiyaan PSG nya tergolong sangat murah.”Saya bisa katakan skeolah kami administrasinya paling murah dibandingkan dengan sekolah-sekolah lainya. Karena kami berpoikir PSG ini tidak sangat untuk memebebnani orang tua siswa,”bebernya.

Tinny berharap, kepada siswa kelas XI yang sedang melakasnakan PSG, jaga nama baik sekolah, bertanggungjawab dalam melaksanakan pekerjaan, dapat membentuk dan merubah sikap dan prilaku siswa yang lebih positif melalui penyesuaian diri dengan lingkungan kerja.”Sekolah hanya bisa mendoakn agar nanti siswanya bisa direkrut di tempat mereka melakukan PSG begitu mereka lulus,”pungkasnya.

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *