PMA DAN PMDN MELEBIHI TARGET

SUKABUMI, Kompas Rakyat

Sampai dengan akhir tahun 2017, total realisasai  investasi baik itu Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang masuk di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Sukabumi  mencapai Rp14,520,021,935,021. Artinya dengan jumlah tersebut nilai investasi selalu melebihi target yang sudah ditentukan.”Investasi yang masuk sampai akhir tahun 2017 sudah melebih terget,” ujar Kabid Penanaman Modal DPMPTSP Kota Sukabumi Endang Toib yang didampingi oleh Kasubid Promosi dan Kerjasama Emi Supartini, Selasa, (06/02).

berdasarkan data yang dimilikinya, dari jumlah investasi yang masuk itu, terserap sebanyak 38,169 tenaga kerja. dengan demikian, setiap ada yang melakukan investasi, tidak sedikit juga akan terl8ibat tenaga kerja.”Bisa di rata-ratakan per tahun penyerapan tenaga kerja akibat adanya investasi mencapai 4,930 orang, bahakn bisa lebih dari angka itu,”aku Endang

Endang mengatakan, investasi yang masuk itu masih seputar jasa perdagangan, sesuai dengan visi Kota Sukabumi.”Inves di Kota Sukabumi itu masih disektor properti, mungkin anggapan investor properti lebih menjanjikan,” kata Endang.

Kota Sukabumi lanjut Endang, hanya bisa ditempati oleh indutri non polutan dan sektor industri pengolahan berskala kecil dan menengah.”Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Sukabumi di dominasi oleh industri yang bergerak di sektor pengolahan makanan dan minuman, kayu olahan serta kerajinan tangan,” ujarnya

Yang terpenting tambah Endang, memberikan kemudahan bagi pelaku investor.Pasalnya, jika ada orang menanamkan modlanya dikota sukabumi, berarti akan tercipta lepangan kerja yang baru.”Saya tidak berpikir hanya adminsitrasi saja ketika investor akan menanamkan modalnya, tapi saya juga harus berpikir saudara-saudara saya. Artinya, akan terbuka lapangan kerja untuk mereka,” imbuhnya.

Selain itu, jumlah pelaku investor ke Kota Sukabumi selalu meningkat per tahunya. Artinya selalu melebihi target yang sudah ditentukan. Kecuali untuk penanamn modal asing (PMA) sampai sekarang kosong, berbeda dengan Penanaman modal dalam negeri (PMDN) selalu over target.”Sebagai gambaran saja selama tahun 2016 PMDN mencapai Rp309,914,908,491, dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 3.826 orang dengan jumlah 755 perusahaan. Sedangkan PMA kosong di Kota Sukabumi disebabkan sudah tidak ada ruang untuk investor mendirikan pabrik,” pungkas Endang. (Lelly)

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *