NARKOTIKA SENILAI RP 4 MILIAR DIMUSNAHKAN KEJARI JAKPUS

Jakarta, Kompas Rakyat,

Berbagai jenis narkotika dan psikotropika serta obat obatan terlarang senilai Rp 4 Miliar yang menjadi barang bukti 36 perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum pasti dimusnahkan Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Rabu pagi (7/2).

Pemusnahan barang terlarang tersebut dilakukan oleh Kejari Jakarta Pusat, Kuntadi SH, MH didampingi Kasie Pidum, Dlana Wahyu Widyanti, SH, MH dan perwakilan Kapolres, Kapolsek, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kodim dan pers.

Dalam.sambutannya Kajari Jakarta Pusat Kuntadi, mengatakan, pemusnahan barang bukti seperti yang dilaksanakan saat itu adalah kegiatan rutinitas yang dilakukan Kejaksaan, polisi dan Bea Cukai setiap tahunnya.

Namun pemusnahan barang barang haram ini menurutnya, dapat juga diartikan sebagai mengingatkan kewaspadaan masyarakat luas agar berhati hati terhadap narkotika dan psikotropika.

Pemusnahan narkotika, paikotropika dan obat terlarang itu dilakukan dengan terlebih dahulu  memasukkan seluruh narkotika itu ke dalam blender dan dicampur air lalu dikocok selama sepuluh menit dan kemudian dibuang ke lobang  tanah yang digali.

Sedangkan ganja dan perangkat bong, serta timbangan timbangan shabu, dimusnahkan dengan cara membakar dalam gentong yang telah dipersiapkan. Pembakaran ini dilakukan oleh perwakilan Polres, Polsek, Pengadilan, wartawan, disaksikan seluruh jaksa dan staf Kejari Jakarta Pusat.

Selanjutnya Kajari Jakarta Pusat mengatakan, kegiatan pemusnahan ini adalah rutin namun jangan dijadikan sebagai hal yang biasa karena kejahatan narkotika harus kita berantas, tambah Kuntadi.

Menurut Kuntadi, beragamnya modus peredaran narkoba, diharapkan semua stage holder dapat saling membantu menginformasikan kepada masyarakat tentang bahaya dan mencegah peredarannya.

“Jangan main-main terhadap narkoba” kata Kuntadi. Ia juga menjelaskan bahwa barang bukti yang dimusnahkan ini adalah hasil selama 5 bulan di tahun 2017. Barang bukti periode Januari 2017 sampai dengan Mei 2017.

Rinciannya, sebanyak 1,6745 gram heroin, 1.289,7787 gram ganja, 2.850,0945 gram shabu-shabu, 598 butir pil ekstasi, 60 strip Happy Five, 1 dooz bong cangklong dan 1 dooz timbangan elektrik.

“Kalau ditotal semua, nilainya kira-kita sekitar 4 Milar rupiah,” pungkasnya.

*Dolat Munthe

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *