LP IMING MANGKRAK 9 TAHUN, KAPOLDA METRO JAYA DIMOHON MENEGAKKAN HUKUM

Jakarta, Kompas Rakyat,

Gara gara pengaduan Miko Suharianto mangkrak di Polda Metro Jaya (PMJ) selama 9 tahun, pengacara Hartono Tanuwidjaja SH, MSi, MH, berkirim surat langsung ke pribadi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Idham Aziz, baru baru ini.

Surat Hartono tersebut Ref No: 1.10/HTP/2018 tertanggal 18 Januari 2018. Isinya tentang “Laporan pengaduan kasus mangkrak 9 tahun di Polda Metro Jaya.”

Pada surat tersebut Hartono Tanuwidjaja menegaskan bahwa dalam mengirim surat itu bertindak untuk dan atas kepentingan hukum kliennya Miko Suharianto.

Bahwa Miko Suharianto melalui kuasanya Hermanto Barus, SH, telah membuat dan menandatangani Laporan Polisi (LP) No. Pol: LP/1437/K/V/2009/SPK UNIT II tanggal 14 Mei 2009, melaporkan peristiwa pidana. Yaitu tentang pencemaran nama baik atau dengan sengaja tanpa hak mendistribusikan dan mentransmisikan dan membuat dapat suksesnya informasi elektronik atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar perasaan kesopanan, maupun membuat gambar untuk disiarkan, diperrontonkan/diperlihatkan sehingga kelihatan orang baik sebagaimana diatur dalam Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 27 ayat (3) UU ITE Tahun 2008, yang terjadi pada 23 Maret 2009 di Jl Palmerah Barat No.62 A Jakarta Barat, yang patut diduga dilakukan Terlapor/Tersangka, Iming M Tesalonika.

Ditambahkan Hartono Tanuwidjaja bahwa keberadaan LP tersebut di atas telah berjalan selaman 9 tahun tanpa ada kepastian hukum meskipun pihak pelapor dalam kurun satu tahun terahir telah melayangkan 2 kali surat permohonan lanjutan agar berkenan menindaklanjuti proses penyidikan perkara pidana berdasarkan LP/1437/K/V/2009/SPK Unit II tanggal 14 Mei 2009 atas nama Pelapor Hermanto Barus, SH yang ditujukan kepada Dri, Rezekindu PMJ yaitu masing masing: Surat Red. No.: 5.3/HTP/2017, tertanggal 03 Mei 2017 dan Surat Red. No.: 12.3/HTP/2017 tertanggal 12 Desember 2017. “Tapi ternyata belum.direspons dengan sebagaimana mestinya,” kata Hartono kepada Kapolda Idham.Aziz.

Dikemukakan pula oleh pengacara senior Hartono Tanuwidjaja, bahwa sesuai data padanya selama sepuluh tahun terahir ini. Terlapor (Tersangka) Iming M Tesalonika setidaknya telah melakukan delapan kali tindak.pidana.

Hanya saja, tutur pengacara ini, tanpa pernah sekalipun dapat dijerat oleh hukum. Bahkan sesuai denganĀ  keberadaan LP No. TBL/5367/XI/2017/Ditreskrimum Tanggal 03 November 2017.

Terlapor Iming M Tesalonika bahkan telah membuat laporan pengaduan fitnah ke Kompolnas dengan tembusan ke KSP, Jaksa Agung RI, Komisi III DPR RI bahwasanya PMJ telah banyak melakukan duskresi-diskresi yang telah dikonversi menjadi rupiah (dalam penerbitan SKP2/SP3) dan sering mempersulit proses penegakan hukum yang efektif, akuntansi dan trasparan.

“Berdasarkan uraian dan penjelasan tersebut, mohon dengan segala hormat agar kiranya bapak Kapolda Metro Jaya dapat menegakkan hukum bagi pencari keadilan dan menjaga kewibawaan Polri serta sekaligus mengambil tindakan tegas untuk membersihkan tuduhan fitnah Iming M Tesalonika tersebut yang telah beredar luas ke media cetak dan online,” pinta Hartono kepada Kapolda Metro Jaya.

Tindasan surat tersebut disampaikan kepada Jaksa Agung RI, Komisi III DPR RI, Kajari DKI Jakarta, Dir. Ditreskrimum PMJ, Dir. Reskrimsus PMJ, Kabid Hukum PMJ, Kabid Propam PMJ, Irwasda PMJ dan klien.

*Dolat Munthe

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *