PENGELOLA DANA BOSDA DIKEMBALIKAN KEPADA UPTD SD LAGI

Bekasi, kompas rakyat.

Dana Bosda Kota Bekasi untuk Pendidikan Dasar terhitung mulai awal bulan oktober 2017 ini tidak lagi di kelola oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi tetapi di serahkan langsung pengelolaan nya ke UPTD Pendidikan Dasar di masing-masing Kecamatan . UPTD akan bertanggung jawab dalam pengelolaan dana bosda kedepan nya dimana para Kepala UPTD akan menjadi KPA, PPK dan Kepala Sekolah menjadi PPTK ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Drs. H.M. Ali Fauzie M.Pd, di sela acara bazis PGRI Bekasi Barat sabtu 30/09/ 2017.

Dihadapan para Angota PGRI Bekasi Barat, Kepala UPTD, Pengawas Sekolah dan para Kepala Sekolah, Ali Fauzie M.Pd mengatakan bahwa Selama ini dalam pengelolaan dana bosda untuk SD, Dinas Pendidikan Kota Bekasi sebagai penanggung jawab penuh, dengan adanya perubahan dalam pengelolaan Bosda, sekarang akan menjadi tanggung jawab oleh para Kepala UPTD dan Kepala Sekolah ungkap Kepala Dinas Drs. H.M. Ali Fauzie M.Pd. Kepala Dinas pendidikan Kota Bekasi tidak lupa mengingat kan para UPTD dan Kepala Sekolah untuk mengelola Dana Bosda dengan baik karena anggaran Bosda berasal dari uang rakyat yang harus di kelola dan di pertanggung jawabkan dengan baik.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Drs. H.M Ali Fauzie M.Pd mengakui pengelolaan dana bosda yang selama ini di kelola oleh Dinas Pendidikan sedikit merepotkan kinerja dari Kadisdik, Sekdis dan Kabid, karena harus mengurus begitu banyak laporan SPJ Sekolah ungkapnya, sekarang tugas dari Dinas Pendidikan adalah pengawasan, mengawasi Dana tersebut’ tambah Ali Fauzie. Untuk tahun 2018 Dinas Pendidik Kota Bekasi akan merubah juknis penggunaan Dana Bosda menurut Kepala Dinas Pendidikan, dana bosda tidak lagi di pergunakan untuk belanja modal tetapi di khususkan untuk membiayai kegiatan-kegiatan siswa dan Guru untuk peningkatan mutu pendidikan di masing-masing sekolah ungkap Ali Fauzie.Dengan perubahan sistem pengelolaan dan pengunaan Dana Bosda ini, sejumlah Kepala Sekolah di Bekasi Barat menyambut baik sistem baru pengelolaan Bosda yang akan di ubah oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Dimana selama ini pengelolaan dana bosda yang di kelola oleh Dinas Pendidikan tidak begitu efektif dan penyerapan pun sangat minim contoh pada saat ini, bulan oktober ini akan memasuki triwulan ke empat padahal anggaran triwulan sebelumnya pun belum seluruhnya terserap oleh Sekolah. Mudah-mudahan dengan adanya perubahan sistem pengelolaan dana Bosda ini, Pendidikan di Kota Bekasi semakin baik, dan tidak ada lagi keluhan dari berbagai sekolah soal penyerapan anggaran dan saling tuding siapa yang salah, siapa yang lambat antara Sekolah dan Dinas Pendidikan.

( NIO HELEN )

, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *