PESTA LAUT TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) MEKAR JATI / BETOK MATI KARAWANG

Karawang – kompas rakyat

Masyarakat nelayan Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar dengan penuh suka cita mengadakan hajatan pesta laut atau Nadran laut dalam rangka mensyukuri hasil laut yang melimpah kepada para nelayan. Maka tidak heran jika pemandangan berbeda dapat ditemui di sekitaran Muara dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mekar Jati/Betok Mati dengan banyaknya umbul-umbul, panggung dan yang lebih menarik lagi adalah puluhan perahu yang di hias sedemikian rupa dengan aneka ragam ornamen berwarna-warni.

Puncak acara dilaksanakan pada hari Kamis (28/9) dengan acara melarung sesaji berupa Kepala Kerbau ketengah laut. Hadir dalam puncak acara tersebut Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari, Kepala Dinas Budaya & Pariwisata Karawang H. Okih Hermawan, Manager TPI Mekar Jati / Betok Mati M. Sayegi Dewa, Unsur Muspika Kecamatan Cilebar, serta para tamu undangan dan Masyarakat Desa Pusakajaya Utara.

Puncak acara yang disakralkan oleh masyarakat nelayan Betok Mati, yaitu dilaksanakanya acara ritual utama berupa melarung sesaji kepala kerbau ketengah laut yang diiringi puluhan perahu-perahu nelayan termasuk Rombongan Wakil Bupati Karawang menjadi daya tarik bagi para nelayan dan warga Desa Pusakajaya Utara untuk memadati seputaran TPI Mekar Jati / Betok Mati.

(Imran zamzami.mh kasim).

, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *