PRESIDEN, KETUA DPR RI, KEPALA KOMPOLNAS, KETUA KOMNAS HAM DAN KAPOLRI DIGUGAT

Jakarta, Kompas Rakyat,

Pengacara Alexius Tantrajaya SH, MHum, gugat lagi Presiden RI, melakukan perbuatan melawan hukum. Gugatan ini di daftarkan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dan telah disidangkan majelis hakim yang diketuai Robert, SH, MH, Rabu (18/4).

Hanya saja, gugatan terhadap presiden kali ini disertakan instansi yang dianggap terkait dalam Kabinet Pemerintahan untuk kesempurnaan gugatan Penggugat.

Jelasnya perkara ini, Penggugat Ny Maria Magdalena Adriati Hartono  memberi kuasa kepada advokat senior Alexius Tantrajaya, menggugat Presiden RI dan instansinya, Melakukan Perbuatan  Melawan Hukum dan Tuntutan Ganti Rugi karena Laporan Polisi, Maria terhadap ‘Lim’ tidak diproses secara profesional oleh Kapolri.

Lengkapnya gugatan Ny Maria Magdalena dalam perkara ini,  belum secara rinci  dijelaskan Alexius Tantrajaya, karena para pihak Tergugat dan Turut Tergugat atau puasanya belum seluruhnya hadir pada sidang pertama itu.

Namun sumber di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menyebut yang digugat Ny Maria Magdalena lengkapnya: 1 Pemerintah Republik Indonesia cq Presiden Republik Indonesia berkantor di istana Negara Jl Medan Merdeka Utara, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat (Tergugat I). 2. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) berkantor di Jl Gatot Subroto, Senayan (Tergugat II). 3. Ketua Komisi  Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Kompilasi RI), berkantor di Jl Tirtajaya VIII No.20  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Tergugat III). 4. Ketua Komisi Hak Asasi Manusia Republik Indonesia berkantor di Jl Latuharhari No.4B, Menteng, Jakarta Pusat (Tergugat IV). 5 Pemerintah Republik Indonesia cq Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) berkantor HL Trunojoyo No.3 Jakarta Selatan (Tergugat V). 6. Jaksa Agung Republik Indonesia berkantor di Jl Sultan Hasanudin No.1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Turut Tergugat).

Menurut Maria Magdalena dalam gugatan itu, ia membuat Laporan Polisi di Bareskrim Mabes Polri Jakarta, LP No Pol: LP/449/VIII/2008/Siaga-III, tanggal 8 Agustus 2008 terhadap Lim. Tapi tidak diproses penyidik hingga kini.

Pada sidang kemarin, pengacara Alexius Tantrajaya telah memperlihatkan surat kuasa Ny Maria Magdalena kepada majelis hakim.

Setelah itu hakim ketua Robert menchek kuasa hukum atau Tergugat yang telah hadir memenuhi panggilan pengadilan.

Kenyataannya kuasa Tergugat I, presiden RI belum hadir di ruangan sidang tanpa ada pemberitahuan. Yang hadir hanya kuasa Tergugat II, DPR RI dan kuasa Tergugat III, Komnas HAM.

“Karena sidang hari ini yang pertama, belum hadir seluruh kuasa Tergugat dan Turut Tergugat. Jadi sidang kita tunda sampai 9 Mei 2018    untuk panggilan lagi. Sedang kuasa yang sudah  hadir kami minta agar melengkapi legal stendingnya,” kata ketua majelis hakim, Robert sembari menutup sidang yang hanya berlangsung dua menit tersebut.

*Dolat Munthe

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *